Mengintip Spesifikasi Yamaha F1ZR Juara Bebek 2Tak Standar Open di Kejurnas Motoprix Purwokerto 2018

Di ajang bergengsi sekelas Final Kejurnas MotoPrix yang diselenggarakan di kota Purwokerto. Ada salah satu kelas suporting(tambahan) yang sangat banyak menyedot starter, kelas tersebut yakni bebek 2Tak Standar non BuildUp Open.

Pada kelas tersebut Jawaranya adalah Agoes Chikens asal banjarpatroman yang bernaung di tim Risqy Mulya Abadi KJRT Purwokerto Orion 139 Perjuangan. Motor yang digarap oleh mekanik 2tak kondang yakni Imam Castro asal Peklaongan mampu menjadi jawara mengalahkan bebek 2Tak standar kencangnya tanah Jawa.

”Itu motor saya bikin untuk orang Purwokerto, di maintenence sama Orion 138 asal Kebumen,’’buka Imam Castro. Diklaim bahwa bentuk Yamaha FIZR yang kecil dan ringan sanggup melesat cepat begitu dikorek atau didongkrak.

Menganut rumus semakin tinggi port-exhaust, maka semakin baik di top-speed namun semakin mengorbankan putaran bawah. “Lubang buang dengan tingginya 26, 5 mm dan lebar 38 mm yang berbentuk seperti trapesium, “ucap mekanik imam Castro yang diamini oleh Orin 139 yang juga menaikkan lubang transfer 1,5 mm.

Seperti dibilang tadi, untuk lubang transfer dan bilas mengarah pada satu titik yang namanya squish. Karena di situlah uap pembakaran akan dijepit dan diantar ke kubah head.  Untuk sudut squishnya 9 derajat dengan lebar 5 mm, nat 0,5 mm dan kubah 14 derajat dengan kompresi diangka 6.2 : 1. Pada sisi lain, Imam Castro juga menjelaskan perubahan ruang bakar tersebut tadi membutuhkan suplai gas aktif yang memadai. Ini wajib hukumnya. Perut gede, maka makannya harus lebih banyak. Biar seimbang dan tenaganya kuat. Untuk karbu tetap menggunkan karbu standar sesuai aturan tetapi sudah direamer menjadi 22 mm dengan kombinasi pilot jet 27, 5 dan main jet 200.

Bagaimana dengan hitungan rasio percepatan ? Untuk rasio gigi 1 dengan perbandingan gigi 14/35, kemudian persneling 2 dengan ukuran 17/28, sedangkan kecepatan 3 diplot diangka 19/25, lanjut ke rasio gigi 4 yakni (22/23). Ini semua berakhir dengan final gear depan 13, lalu belakangnya 42.

Soo bagi Bagi FIZER mania yang berada di sekitaran Jateng bersiap menyambut di kejuaraan MLD Autophoria City Road Race Jateng Series. Yang akan berlangsung akhir pekan ini kota Purwodadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*